Berita Terbaru Hari Ini Untuk Kita
keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
17 Mahasiswa Dan 1 Dosen Tenggelam Ketika KKN Di NTT
berita utama, News

17 Mahasiswa Dan 1 Dosen Tenggelam Ketika KKN Di NTT

Ulyssesbooks.com – Tenggelamnya kapal yang mengangkut para mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta yang sedang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) belum diketahui pasti terkait penyebabnya. Dengan kejadian tersebut pihak UKDW masih akan tetap melanjutkan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan di pulau-pulau terpencil seperti di NTT.

Rektor Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, Ir Hendry Feriadi, MSc, PhD menyatakan pihaknya menyerahkan kepada pihak berwenang untuk menyelidiki kasus tenggelamnya kapal wisata Versace Jaya di kawasan Teluk Rinca, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kapal tersebut terbalik dan tenggelam saat membawa 17 mahasiswa dan 1 dosen yang tengah mengikuti prgram Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik di kawasan itu.

“Semuanya selamat dari kejadian yang terjadi pada hari Minggu kemarin. Ada 17 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing,” ungkap Hendry di kantor Rektor di Jl Dr Wahidin Sudirohusodo, Yogyakarta, Senin (31/7/2017).

Dia mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan laut tersebut. Namun ada mahasiswa yang dilaporkan mengalami luka ringan serta kerugian harta seperti kamera, handphone dan barang lainnya yang ikut tenggelam. Tim penyelemat dari Pos SAR Labuan Bajo telah melakukan evakuasi para mahasiswa dan dosen tersebut.

“Mereka merupakan rombongan KKN tematik UKDW di Desa Seraya Kabupaten Manggarai Barat. Dari sisi keselamatan, jumlah pelampung memenuhi, kapal layak. Namun mungkin faktor alam, yakni ombak tinggi waktu itu, “katanya.

Menurutnya adanya peristiwa ini akan menjadi bahan evaluasi. Namun pengiriman KKN mahasiswa did aerah tertinggal akan terus dilakukan. Atas peristiwa ini pihak UKDW tidak melaporkan awak kapal tersebut tetapi menyerahkan ke pihak berwenang terkait penyebab tenggelamnya kapal.

“Kami tidak laporkan, tidak sampai ke arah itu. Namun ini jadi pembelajaran semuanya. Kami serahkan pada pihak berwenang untuk penyelidikan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *