Berita Terbaru Hari Ini Untuk Kita
keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Kepala Disdikpora Trenggalek Larang Keras Adanya Pungli
berita utama, News

Kepala Disdikpora Trenggalek Larang Keras Adanya Pungli

Ulyssesbooks.com – Pungutan Liar (Pungli) sudah dilarang keras untuk dilakukan di seluruh Indonesia. Namun hnerannya masih saja ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang masih saja melakukan tindakan yang sudah dilarang oleh negara yakni pungli.

Seperti di Trenggalek, Kepala Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Trenggalek sangat menekankan agar jangan sampai ada kejadian pungli terutama kepada para siswa baru khususnya pada jenjang SMP Negeri.

“Kalau untuk SMA sekarang bukan kewenangan kami, sedangkan untuk SMP, beberapa waktu yang lalu saya sudah wanti-wanti (pesan) kepada kepala sekolah pada saat menjelang penerimaan siswa baru (untuk tidak lakukan pungutan),” kata Kadisdikpora Trenggalek, Kusprigianto, Senin (31/7/2017).

Kalaupun ada sumbangan sejumlah uang untuk membantu program sekolah merupakan kesepakatan antara komite sekolah dengan para wali murid yang diambil melalui rapat terbuka.

“Mereka (sekolah) itu menyerahkan pada komite, tidak ada pemaksaan, bahkan kalau bisa difasilitasi oleh pihak sekolah,” ujarnya.

Kusprigianto menjelaskan, secara teknis biasanya sekolah akan memberikan pemaparan kepada komite sekolah terkait dengan sejumlah program yang akan dilaksanakan di lembaga pendidikan tersebut.

Dari situlah selanjutnya komite melakukan rapat koordinasi dengan seluruh wali murid guna dilakukan pembahasan dan penentuan kesepakatan.

“Jadi, komite akan menawarkan kepada wali murid, ini lo sekolah punya program. Kalau mau bantu monggo, kalau tidak mau ya tidak masalah,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *