Berita Terbaru Hari Ini Untuk Kita
keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Tak Punya IMB, Proyek Resort Di Gunung Kidul Di Segel
berita utama, News

Tak Punya IMB, Proyek Resort Di Gunung Kidul Di Segel

 

Ulyssesbooks.com – Koalisi Masyarakat Peduli Pegunungan Sewu (KMPPS) mendatangi pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk mengambil langkah tegas guna menghentikan pembangunan dan segera melakukan penyegelan di lokasi pembangunan resort, hotel dan villa di kawasan Pantai Seruni, Tepus, Gunungkidul.

Langkah tersebut diambil dikarenakan pembangunan yang dilakukan sudah merusak bukit Karst. Pembangunan itu disebut sudah melakukan tahapan kontruksi padahal belum mengantongi IMB.

Direkur WALHI Yogyakarta, Halik Sandera mengatakan, Kawasan Bentang Alam KARST (KBAK) Gunung Sewu sebagai pengatur alami tata air dan menyimpan nilai ilmiah sehingga harus dilindungi keberadaanya. KBAK Gunung Sewu merupakan kawasan lindung geologi sebagai bagian dari kawasan lindung nasional, yang ditetapkan melalui keputusan menteri ESDM nomor 3045 K/40/MEM/201.

“Status GeoPark Gunung Sewu yang ditetapkan UNESCO kemungkinan bisa dicabut jika proses investasi terus masuk dan merusak kawasan bentang alam,” kata Halik dalam jumpa pers di sekretariat WALHI Yogyakarta, Senin(30/7/2017).

Dengan adanya pembangunan besar-besaran tersebut, lanjut Halik, juga akan mengancam ekosistem. Di kawasan Karst Gunung Sewu ini terdapat hewan-hewan endemik. Kerusakan alam yang terjadi dinilai juga akan mengancam keberadaan hewan-hewan endemik.

Selain itu, pembangunan besar-besaran oleh investor akan berdampak pada kehidupan sosial masyarakatnya. Dan apakah masyarakatnya siap dengan perubahan terutama mata pencaharian petani beralih ke lainnya.

Halik melanjutkan, di lokasi yang akan dibangun selama ini merupakan kawasan pertanian yang dimanfaatkan masyarakat dengan sistem tadah hujannya.

“Jika lahan dikuasai investor maka berdampak pada mata pencaharian warga,” kata Halik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *