Berita Terbaru Hari Ini Untuk Kita
keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Halmahera Kembali Diguncang Gempa Sebanyak Lima Kali
berita utama, News

Halmahera Kembali Diguncang Gempa Sebanyak Lima Kali

Ulyssesbooks.com – Sebanyak lima kali gempa kembali dirasakan oleh penduduk yang berada di Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara. Namun untuk gempa yang terjadi kali ini berada pada titik yang berbeda.

Dilihat dari situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi sekitar pukul 17.37 WIB dengan kekuatan 3,2 skala Richter (SR). Pusat gempa terjadi di darat, 20 kilometer arah tenggara Jailolo dengan kedalaman 5 kilometer (km).

Gempa selanjutnya terjadi sekitar pukul 18.21 WIB. Kali ini berkekuatan 2,8 SR dengan pusat gempa berada di darat, 2 km arah barat daya Jailolo dengan kedalamannya 28 km.

Berikutnya, gempa kembali terjadi sekitar pukul 18.43 WIB. Berkekuatan sama seperti sebelumnya 2,8 SR, gempa terjadi sekitar pukul 18.43 WIB. Pusat gempa berada di darat, 4 km arah barat laut Jailolo, dengan kedalaman 1 km.

Menyusul kemudian, gempa berkekuatan 2,9 SR sekitar pukul 18.52 WIB. Pusat gempa berada di darat 2 km arah barat daya Jailolo, dengan kedalaman 2 km.

Dan yang terakhir, sekitar pukul 19.05 WIB terjadi gempa berkekuatan 2,6 SR. Pusat gempa berada di darat, 3 km arah timur laut Jailolo, dengan kedalaman 5 km.

Masih dari sumber yang sama, rupanya siang tadi juga sudah terjadi 4 kali gempa dengan kekuatan dan pusat kedalaman beragam. Hingga kini belum diketahui penyebab terjadinya gempa beruntun yang terjadi di Halmahera Barat ini. Informasi mengenai korban dan dampak gempa juga belum diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *