Berita Terbaru Hari Ini Untuk Kita
keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Proses Pencarian Korban Longsor Di Brebes Masih Belum Maksimal
berita utama, News

Proses Pencarian Korban Longsor Di Brebes Masih Belum Maksimal

Ulyssesbooks.com – Usaha yang dilakukan dalam mencari korban tanah longsor yang terjadi di Desa Pasirpanjang, Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah untuk hari pertama tidak membuahkan hasil yang maksimal.

Hal tersebut dikarenan luasnya lahan longsor yang begitu luas dan proses pencarian korban juga dilakukan secara manual. Untuk hari ini, Tim SAR hanya baru berhasil menemukan satu jenazah korban dan beberapa potongan tubuh.

Kepala Basarnas Jawa Tengah, Noer Isrodin mengatakan, pencarian hari ini belum maksimal karena masih menggunakan cara manual. Jumlah korban yang ditemukan juga sangat minim.

“Memang tidak bisa maksimal karena masih manual, pakai alat seadanya. Alat berat juga baru datang siang tadi. Tapi besok akan ada tambahan alat berat lagi sehingga berjumlah empat unit,” kata Kepala Basarnas Jateng, Noer Isrodin saat konferensi pers di posko bencana.

Dengan adanya tambahan alat berat untuk membantu proses pencarian para korban longsor baru datang hari Sabatu. Dengan adanya bantuan alat berat semoga bisa mempermudah dalam proses mengevakuasi para korban yang saat ini masih tertimbun. Tidak hanya bisa membantu dalam mencari korban saja, alat berat tersebut juga bisa digunkaan untuk membersihkan lokasi dari batang pohon yang menghambat proses pencarian.

Dandim 0713 Brebes, Letkol Ahmad Hadi Hariono menjelaskan, pencarian korban pada Sabtu besok akan menggunakan pola sama. Hanya saja zona pencarian akan bertambah ke lereng Gunung Larang.

“Kita akan turun ke lereng Gunung Larang, karena dimungkinkan banyak korban yang terbawa ke situ,” terang Dandim.

Selama berjalannya proses pencarian yang dilakukan, warga Salem maupun dari luar berduyun duyun datang untuk ikut melihat proses pencarian. Kapolres Brebes, AKBP Sugiarto meminta kesadaran warga untuk tidak mendekati ke lokasi pencarian. Masuknya warga ke dekat lokasi pencarian bisa menghambat kinerja petugas.

“Masyarakat diminta agar tidak datang ke lokasi, karena ini bukan tontonan,” tandasnya.

Sementara kepada warga yang mendiami rumah dekat lereng agar mengungsi ke lokasi yang aman. Mengingat saat ini, intensitas hujan masih cukup tinggi sehingga bisa membahayakan keselamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *