Berita Terbaru Hari Ini Untuk Kita
keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
BPBD Bantul Lakukan Pendataan Rumah Warga Yang Rusak Akibat Puting Beliung Kemarin
berita utama, News

BPBD Bantul Lakukan Pendataan Rumah Warga Yang Rusak Akibat Puting Beliung Kemarin

Ulyssesbooks.com – Proses rekontruksi yang dilakukan terhadap bangunan rumah para warga yang rusak akibat dari terjangan angin puting beluing pada Selasa (25/4/2018) mendapat bantuan dari BPBD Bantul. Pihaknya akan segera mengirimkan beberapa bentuk bantuan yang berupa asbes dan seng kepada warga terdampak.

“Nanti akan kita salurkan asbes dan seng. Untuk genteng sepertinya menyusul. Kalau genteng kan tidak bisa langsung disalurkan, perlu ukuran,” kata Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto saat meninjau Dusun Sorowajan, Banguntapan, Bantul, Rabu (25/4/2018).

Akan tetapi, sebelum bantuan disalurkan kepada para warga, pihaknya terlebih dulu akan melakukan pendataan ulang berapa jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan. Nantinya setelah pendataan sudah selesai, bantuan akan segera disalurkan langsung kepada warga.

“Saat ini kita akan mendata secara detail terkait kebutuhan masyarakat, karena musimnya masih ada hujan. Kebutuhan atap rumah yang akan segera direhab paling lambat besok pagi, paling cepat nanti sore,” ungkapnya.

Dari hasil data yang telah masuk ke BPBD Bantul ada sebanyak 108 rumah yang mengalami kerusakan yang atapnya terbang karena diterjang oleh puting beliung. Akan tetapi, perkiraan data akan segera bertambah mengingat para petugas yang masih berada di lapangan terus melakukan pendataan.

Pihaknya juga menghimbau supaya para warga masyarakat tetap berwaspada adanya potensi hujan deras yang datang bersamaan dengan angin yang kencang. Ditambah lagi untuk saat ini memang sedang memasuki musim pancaroba, oleh karena itu potensi bencana yang akan datang masih kemungkinan akan terjadi lagi.

“Masyarakat jelas harus waspada, terlebih ini masih pancaroba. Terutama bagi warga yang berada di pemukiman padat, itu menjadi perhatian kita,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *