Berita Terbaru Hari Ini Untuk Kita
keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Bukti Lucinta Luna Berkelamin Ganda Dalam Lampiran Paspornya
berita utama, News

Bukti Lucinta Luna Berkelamin Ganda Dalam Lampiran Paspornya

Ulyssesbooks.com – Sebuah keterangan tertulis yang disebutkan oleh pihak kepolisian terkait dengan pencantuman jenis kelamin ‘laki-laki/perempuan’ dalam laporan Muhammad Fatah alias Lucinta Luna diterbitkan memang sesuai dengan apa yang ada di lampiran paspor sebagai identitas diri.

Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkum HAM telah menegaskan jika harusnya hanya ada satu jenis kelamin saja dalam dokumen paspor. “Paspor kan sistem. Sistem yang dimiliki imigrasi itu hanya tercatat male dan female,” kata Kabag Humas Ditjen Imigrasi Agung Sampurno, Jumat (8/6/2018).

“Kalau pun terjadi dua-duanya tercetak, itu kemungkinan pada kesalahan cetak. Tapi secara normatif tidak mungkin ada dua jenis kelamin keluar,” imbuh Agung.

Pihaknya juga menjelaskan sistem pembuatan paspor mengharuskan untuk memilih salah satu jenis kelamin: laki-laki atau perempuan. Sebab, pembuatan paspor merujuk pada dokumen akta kelahiran, KTP, dan kartu keluarga (KK).

“Merujuk pada dukungan dokumen dasar yang dia sampaikan. Dalam hal ini akta lahir, KK, dan KTP. Jadi harus sama, bareng,” jelas Agung.

Lantas, mengapa bisa kolom jenis kelamin dalam laporan kepolisian Lucinta tercantum ‘laki-laki/perempuan’?

“Itu tanyakan ke penyidiknya. Ini kan masalah pengetikan. Yang bisa menjelaskan kenapa menuliskan data itu, tentu saja penyidik yang bisa menjelaskan. Karena kalau dari segi keimgirasian, paspor tidak mungkin dua jenis kelamin,” sebut Agung.

Sebelumnya Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, dalam pelaporan itu, Lucinta tidak menyertakan KTP sebagai identitas dirinya. Lucinta hanya memperlihatkan paspor.

“Nggak pakai KTP, pakai paspor laporannya. Paspor kan boleh sebagai identitas diri,” tutur Argo.

Dalam dokumen paspor yang diserahkan Lucinta, jelas tercantum jenis kelaminnya adalah laki-laki. Namun laporan kepolisian yang beredar, tertulis ‘laki-laki/perempuan’ di kolom jenis kelamin Lucinta.

“Tidak sempat bingung polisi. Ya udah kita terima sesuai identitas. Sesuai paspor, laki-laki,” sebut Argo.

Lucinta melapor ke Polda Metro Jaya pada Kamis (7/6) malam. Aduan Lucinta tertuang dalam laporan polisi bernomor LP/3097/VI/2018/PMJ/Dit.Reskrimsus tertanggal 7 Juni 2018.

Dalam laporan tersebut, Lucinta mengadukan terlapor dengan Pasal 45 ayat (1) jo Pasal 28 ayat (2) UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *